History of Jayabaya Part I

"Terbelahnya Pulau Jawa Menjadi 2 Bagian"

Jayabaya atau yang lebih dikenal dengan Maharaja Jayabhaya adalah raja Kadiri yang memerintah sekitar tahun 1135-1157. Nama gelar lengkapnya adalah Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa. (panjang banget namanya yea.. :D)

Jayabaya membuat dirinya terkenal dikarenakan meramalkan negeri Nusantara ini, salah satu ramalan yang paling mengejutkan adalah terbelahnya pulau jawa menjadi 2 bagian. Namun tidak dijelaskan karena apa dan kenapa pulau jawa dapat terbelah menjadi 2 bagian. dahulu sekali orang beranggapan bahwasanya pulau jawa dan pulau sumatera menjadi 1 bagian pulau, yang dimana pulau tersebut terbelah diakibatkan oleh letusan dari gunung berapi yang terletak di selat sunda yakni gunung Krakatau yang ledakannya membuat pulau tersebut terbelah menjadi 2 bagian.

Pada era sekarang ramalan Jayabaya hampir terbukti lagi kebenarannya. Setelah pulau jawa yang kita cintai ini juga mengalami musibah yang menyebabkan pulau ini hampir terbelah akibat terendam lumpur yang meluap di daerah porong sidoarjo, yang menurut para ahli pertanahan (geodesi & geologi) lumpur tersebut baru berhenti mengeluarkan luapan lumpurnya sekitar 20-25 tahun lagi.

 



Semoga negeri ini dapat tetap bertahan dan makmur dari segala terpaan cobaan yang menerpa, dengan semangat persatuan yakni Satu Nusa Satu Bangsa kita pasti bisa..... b(^^,)d